6 Model Gorden Rumah Masa Kini

roller blind
roller blinds ianinterior

Menjelang libur panjang, sepertinya akan banyak anggota keluarga yang bersilaturahmi. Anda tentu ingin menyambut mereka dengan sesuatu yang beda, bukan? Tapi dengan apa ya, kira-kira? Bagaimana kalau dengan mengganti gorden di rumah?

Ya, gorden atau tirai merupakan aksesori yang wajib dipasang pada pintu dan jendela. Tak hanya sebagai dekorasi semata, gorden juga memiliki manfaat yang cukup banyak, seperti menyaring sinar matahari yang masuk ke dalam rumah secara langsung, sehingga selain akan membuat kondisi ruangan menjadi adem, kita juga akan terhindar dari paparan sinar UV yang bisa membahayakan kulit.

Jika Anda berencana memasang tirai di beberapa sudut rumah, seperti pintu atau jendela, ada baiknya Anda tentukan dahulu model gorden seperti apa yang cocok untuk ruangan di rumah Anda. Selain model, kesesuaian warna gorden dengan cat dinding dan furnitur yang terdapat dalam rumah juga harus dipertimbangkan. Salah-salah, bukan menjadi indah, tampilan ruangan Anda justru akan terkesan aneh.

Untuk yang satu ini, Anda tak perlu bingung, ada banyak penyedia jasa desain interior yang siap membantu Anda memilihkan jenis gorden yang tepat. Jika tak punya waktu untuk mengontak desainer, daftar model gorden berikut ini mungkin bisa menjadi rujukan yang tepat:

  1. Gorden Klasik-Minimalis

Jika rumah yang Anda memiliki ruangan yang tidak terlalu luas dengan model yang minimalis, maka model gorden klasik-minimalis akan cocok dipasang di jendela atau pintu rumah Anda. Warna-warna klasik seperti emas atau cokelat akan cocok dipadukan dengan kondisi ruangan yang tak terlalu luas.

Gorden yang minimalis adalah yang polos (tak melulu polos, boleh ada corak tapi kecil dan lembut), warna dan bentuknya simpel, serta tidak terlalu banyak motif.

  1. Gorden Ekletik

Gorden eklektik ini akan sangat pas diaplikasikan pada rumah dengan model modern-tradisional. Model gorden yang satu ini sebenarnya lebih bersifat back to nature atau kembali ke alam. Oleh karenanya, warna-warna yang dipilih adalah warna yang lembut, seperti kuning gading, warna jerami, broken white, dan sebagainya.

  1. Wooden Blind

Wooden blind atau kerai adalah jenis gorden yang terbuat dari bahan nonkain, biasanya bambu, rotan, kayu, atau bahkan kertas. Model gorden yang satu ini sangat bagus dan akan memberi karakter yang kuat pada ruangan. Selain sebagai gorden, tirai jenis ini juga sering dimanfaatkan sebagai pembatas antar ruang.

  1. Tirai Geser

Tirai geser atau yang sering kita sebut sebagai gorden merupakan jenis gorden yang paling umum dipakai oleh hampir semua masyarakat Indonesia. Motif dan bahannya pun beragam, ada yang terbuat dari kain tipis ringan seperi sutra, sampai yang tebal dan berat. Model gorden yang satu ini akan cocok diapliaksikan di ruangan apa saja.

  1. Tirai Lipat

Selain tirai geser, ada juga tirai lipat. Jenis tirai lipat pun beragam, seperti roman blind (ditarik ke atas), rolling blind (digulung ke atas), atau vertical blind (dilipat ke samping). Bahannya bervariasi, mulai dari linen, kulit, kanvas, katun, sampai denim. Gorden ini bisa dipasang di dapur, kamar mandi, atau kamar tidur anak.

  1. Kombinasi Sheer dan Gorden

Nah, satu hal yang perlu diperhatikan jika Anda menginginkan kesan yang klasik dan elegan pada rumah Anda adalah dengan memasang sheer (kain transparan) di bagian dalam gorden. Sheer bisa dimanfaatkan di siang hari untuk menghalangi sinar matahari yang masuk, sedangkan pada malam hari, tetap gunakan gorden untuk menjaga privasi rumah Anda.

Itu dia 6 model gorden terkini yang bisa Anda jadikan pegangan sebelum memutuskan untuk mendekorasi rumah. Semoga bermanfaat ya.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *