Bangunan Apa Saja yang Sesuai Menggunakan Tirai?

Tirai Venetian Blind Ianinterior.co.id
Tirai Venetian Blind Ianinterior.co.id

Hampir semua bangunan menggunakan tirai, baik dengan tujuan artistik, pelindung cahaya, sebagai penyekat, maupun maupun penjaga privasi. Dari tempat tinggal seperti rumah, apartemen, dan kondominium; akomodasi seperti vila, hotel, hingga kastil; tempat publik seperti restoran, kantor, bank, toko; bangunan industri dan komersial seperti pabrik, bandara, serta mal; di bidang kesehatan dan pendidikan antara lain gedung sekolah, universitas, rumah sakit, serta klinik; di bidang hiburan antara lain panggung teater, bioskop, hingga museum; bahkan rumah ibadah pun, semuanya menggunakan tirai.

 

Dampak Psikologis Warna, Motif serta Bahan Tirai

 

Nilai estetis sebuah tirai pada prinsipnya menyatu dengan fungsi. Selain berfungsi sebagai pelinding, tirai juga mampu menghidupkan ruangan. Warna tirai secara keseluruhan akan memberikan dampak psikologis tertentu. Ini bisa terjadi karena warna memiliki pengaruh kuat terhadap pikiran. Orang yang melihat warna tertentu, bisa merasa terbebas dari tekanan masalah. Oleh karenanya, pemilihan warna menjadi hal penting.

 

Motif juga memberikan dampak psikologis. Ada motif berat dan motif ringan. Artinya, ada motif tertentu yang dapat membuat kita semakin lelah dan ada motif yang membuat kita merasa rileks.

 

Sedangkan bahan tirai, selain bahan kain, bisa memakai bahan alami seperti kerai bambu, rotan, anyaman akar wangi, dan kain goni. Bahan-bahan ini bersifat alamiah, memberi kesan hangat dan ramah. Sementara, tirai dari susunan bilah plastik seperti yang banyak digunakan di ruang perkantoran, akan memberi kesan formal dan mampu membuat orang saling menjaga jarak.

 

Bangunan yang Sesuai Menggunakan Tirai

Tirai Gorden Ianinterior.co.id
Tirai Gorden Ianinterior.co.id

Selanjutnya kita akan membahas beberapa bangunan yang memang sesuai menggunakan tirai terkait warna, motif dan bahan.

 

  • Rumah, Kantor, dan Hotel

 

Fungsi tirai bagi rumah dan kantor, bila kita kaitkan dengan warna, motif dan bahan tirai, menunjukkan bahwa pilihan yang tepat bisa memberikan perasaan positif pada penghuni rumah, kantor, dan hotel.

 

Sentuhan warna biru di rumah, membawa dampak kedamaian hati dan ketenangan. Warna abu-abu di kantor bisa membawa energi keindahan di ruang mana pun. Warna hijau bisa mewakili kesegaran, relaksasi dan harmoni di kamar hotel. Motif ringan nuansa alam bisa meringankan pikiran. Sedang tirai bahan plastik bisa menjaga suasana formal di kantor. Jadi pemakaian tirai sesuai sekali untuk menciptakan suasana yang dikehendaki di rumah, kantor, dan hotel.

 

  • Rumah Sakit serta Klinik

 

Berbeda dengan jendela atau pintu, tirai bersifat tidak permanen dan semi privacy. Dalam keadaan tertutup, kita paham bahwa di balik tirai, masih ada seseorang di sana. Nah di rumah sakit serta klinik, tentu membutuhkan tirai dalam aktivitas keseharian. Lebih penting daripada sekadar estetika atau pelindung, yakni untuk menjaga privasi pasien dan kerja dokter.

 

Produk kain tirai untuk rumah sakit dan klinik yang efisien adalah tirai berbahan kain anti bakteri dan kain anti darah. Kain tirai ini dipasang sebagai penyekat untuk memisahkan tempat tidur masing-masing pasien. Warna biasanya dipilih yang netral serta bermotif polos. Nah, tentunya bahan, warna, dan pola seperti ini sangat sesuai dengan rumah sakit dan klinik.

 

  • Gedung Teater, Bioskop, dan Gedung Pertunjukan

 

Tirai di gedung teater, bioskop, dan gedung pertunjukan tentunya sangat fungsional. Tirai lebih lebar dan tebal, dengan jenis bahan seperti paragon atau twenty one, serta serat bahan black out atau sun block. Rel gorden motorik mencapai 16 meter, menggunakan sistem motorik dengan 4 unit motor, dan dijalankan dengan remote control 4 channel, biasanya turut digunakan.

 

Paduan warna yang dipilih bernuansa gelap dan bervariasi, hanya dalam satu panggung. Warna depan red/twenty one, belakang bisa blue texaz, bagian samping dipadu dengan warna black paragon. Warna merah melambangkan energi, hasrat, erotisme. Warna hitam sangat tepat untuk memberikan kesan misteri, perspektif dan kedalaman. Sedangkan warna biru memberi kesan dingin dan tenang, serta kreativitas.

 

Demikianlah, contoh pemilihan warna, bahan serta motif pada tirai, yang sangat cocok dipakai dalam banyak bangunan, disesuaikan dengan tujuannya masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *