Karpet Berbulu Tebal

Begini 5 Cara Mudah Membersihkan Karpet Berbulu Tebal

Siapa yang tak menyukai karpet atau permadani? Ya, nilai estetika yang dimiliki benda yang satu ini membuat karpet sering difungsikan sebagai dekorasi rumah. Ada banyak sekali jenis karpet yang bisa kita temukan di pasaran, salah satunya adalah karpet berbulu tebal.
Karpet berbulu tebal merupakan salah satu jenis karpet yang paling banyak digemari. Selain empuk, karpet jenis ini juga dipercaya menambah kesan mewah pada rumah kita. Namun, kita tentu sudah tahu konsekuensi dari memiliki karpet tebal yang cukup sensitif ini. Iya, apalagi kalau bukan pada perawatannya? Merawat karpet berbulu tebal sebenarnya gampang-gampang susah, asal kita tahu caranya. Nah, berikut tips membersihkan karpet berbulu tebal yang bisa Anda terapkan di rumah:

Mulailah pada Pemilihan Tempat
Kenapa pemilihan tempat memasang karpet itu penting? Sebab di sudut ruang mana karpet itu akan dipasang akan memengaruhi kebersihan dan frekuensi perawatan karpet itu sendiri. Sebaiknya, letakkan karpet pada area yang jauh dari pintu atau jendela, sebab debu akan mudah sekali masuk dan menempel ke bulu karpet melalui celah-celah pintu atau jendela.

Gunakan Mesin Penyedot Debu

pembersih debu karpet

pembersih debu karpet

Mesin penyedot debu merupakan alat paling pas yang bisa kita gunakan untuk membersihkan karpet bulu di rumah. Jika terdapat noda yang sekiranya tidak bisa hilang hanya dengan menggunakan mesin penyedot debu, gosok karpet dengan sikat yang bertekstur lembut. Hindari memakai sikat berbulu keras karena hal ini justru akan menyebabkan bulu pada karpet menjadi lepas.
Tips lain yang bisa Anda terapkan adalah melapisi bagian atas karpet dengan kain yang lembut, dengan demikian bulu pada karpet tidak akan rontok saat dibersihkan.

Perhatikan Penggunaan Pembersih Karpet Antinoda
Pembersih karpet antinoda saat ini banyak sekali dijumpai di pasaran. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakannya, baca dan perhatikan petunjuknya baik-baik. Pastikan zat yang terkandung dalam produk pembersih itu memang aman untuk serat kain karpet bulu Anda di rumah. Alternatif lain yang bisa Anda jajal adalah menggunakan air hangat yang dicampur dengan cuka dan deterjen sebagai bahan pembersih karpet.

Rutin Membersihkan Karpet
Tips lain yang perlu Anda perhatikan adalah frekuensi atau seringnya Anda membersihkan karpet berbulu tebal tersebut. Jika karpet tersebut memang sering dipakai, sebaiknya bersihkanlah secara rutin seminggu sekali. Namun jika karpet Anda jarang digunakan, bersihkan 2 minggu sekali. Membersihkan karpet dengan menggunakan mesin penyedot debu dirasa sudah cukup.

Sebelum Mencuci Karpet, Ini yang Harus Anda Perhatikan
Sebelum memutuskan untuk mencuci karpet berbulu tebal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Yang pertama adalah memastikan bahwa karpet tersebut memang bisa dicuci. Karena ada beberapa karpet bulu yang memang tidak bisa dicuci dengan mesin. Mencuci karpet jenis ini pun tidak boleh sembarangan dilakukan, kita harus tahu betul caranya.

Sebelum memasukkan karpet ke mesin cuci, sebaiknya bungkus karpet dengan sarung bantal atau kain katun terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar serat dan bulu karpet tidak bergesekan langsung dengan mesin cuci yang bisa menyebabkan bulu karpet rontok dan rusak. Setelah bersih, jemur karpet di bawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering. Jangan sekali-kali menggunakan karpet yang masih basah karena rentan terkena jamur.
Itu saja 5 cara mudah membersihkan karpet berbulu tebal. Semoga tips ini berguna bagi Anda, para pecinta karpet berbulu tebal.