Cara Memasang Lantai Vinyl

 

Vinyl Ianinterior.co.id
Vinyl Ianinterior.co.id

Salah satu keunggulan dari lantai vinyl adalah cara pemasangannya yang mudah. Tidak seperti jenis lantai lain yang perlu seorang profesional untuk memasangnya, lantai vinyl bisa dipasang sendiri. Dengan begini, biaya Anda tentu bisa lebih dihemat, karena tidak perlu pengeluaran untuk membayar tukang. Meski begitu, pastikan Anda mengerti cara memasang lantai vinyl dengan benar. Berikut adalah tahapan memasang lantai vinyl yang tepat.

 

  1. Persiapkan alat-alat untuk pemasangan lantai vinyl
    Untuk memasang lantai vinyl, sediakan alat-alat berikut: stapler dengan staples ⅞ inci, pisau cutter, lem kayu, garisan siku, pensil, palu karet, amplas kayu halus, meteran, sapu, dan vakuum cleaner (jika ada). Alat-alat ini penting untuk pemasangan lantai vinyl yang sempurna. Selain alat-alat itu, pilihlah vinyl dengan corak yang cocok dengan ruangan. Sediakan juga beberapa lembar kayu lapis yang akan digunakan sebagai lapisan dasar.
  2. Ukur ruangan dengan tepat
    Sebelum memesan vinyl, ukur terlebih dulu ruangan yang akan dipasangi vinyl. Menebak-nebak ukuran ruangan hanya akan membuat pemasangan menjadi berantakan. Jika pembelian vinyl kurang atau lebih dari yang Anda butuhkan, tentu itu akan menjadi problem tersendiri. Untuk itu, ukurlah ruangan dengan akurat dan lebihkan jumlah vinyl sebagai cadangan. Ukur juga kayu lapis yang akan dipakai untuk lapisan dasar.
  3. Kosongkan ruangan sebelum memasang
    Pemasangan lantai vinyl hanya bisa dilakukan jika ruangan kosong. Maka, singkirkan perabotan di dalam ruangan. Pikirkan juga apakah perabotan yang disingkirkan itu perlu ditaruh lagi di dalam ruangan atau tidak. Perabotan yang terlalu berat tentu akan mengurangi usia lantai vinyl yang terbebani. Karenanya, Anda perlu memikirkan ulang jika lantai vinyl sudah dipasang, apakah perabotannya akan dikembalikan ke tempat semula atau dipindahkan ke ruangan lain. Jika memungkinkan, lepas pula pintu dari engselnya untuk memudahkan pemasangan.
  4. Melepaskan penutup lantai yang lama
    Jika lantai Anda memiliki lapisan, karpet atau vinyl lama misalnya, pastikan permukaan itu dilepaskan terlebih dulu. Biasanya setelah dilepas akan ada beberapa benda yang masih menempel di ubin dasar. Pastikan terlebih dulu lantai bersih dari benda seperti paku, staples, atau kerikil.
  5. Gunakan lapisan dasar dari bahan kayu lapis
    Lapisan dasar paling ideal adalah yang terbuat dari bahan kayu lapis. Bahan kayu lapis akan membuat vinyl yang dipasang lebih awet. Untuk memasang kayu lapis, gunakan stapler khusus untuk bangunan. Stapler dengan staples ⅞ inci ini digunakan untuk merekatkan dari satu lembar kayu lapis ke lantai di bawahnya. Kira-kira butuh 16 staples untuk setiap ukuran 30 x 30 cm. Setelah staples disematkan, pukul setiap staples dengan palu karet. Ini untuk memperkuat kayu lapis yang menempel di lantai. Setelah terpasang satu ruangan, rapikan lapisan dasar dengan amplas kayu halus.
  6. Mulai merekatkan vinyl pada lapisan dasar
    Terdapat dua tipe vinyl: tipe yang memiliki perekat dan yang harus dioleskan lem. Jika Anda memilih vinyl yang memiliki perekat, ikuti saja aturan pemakaiannya. Cukup mudah, kok. Untuk tipe satu lagi, pastikan Anda menggunakan lem kayu dan mengoleskan lem tersebut secara merata ke lapisan di bawah vinyl. Terlalu banyak lem akan membuat vinyl lembap dan mudah rusak.
  7. Gunakan pola sebelum memasang vinyl
    Demi akurasi, buatlah pola sebelum vinyl Tanpa pola, akan sulit menentukan di mana lantai vinyl akan dipasang. Lalu gambar pola ini di lantai dengan spidol yang mudah dihapus. Selanjutnya, pemasangan vinyl bisa dilakukan mengikuti pola. Jika ada area tempat vinyl harus dipotong, maka potong terlebih dulu, baru kemudian dipasang di lantai.

 

Itulah cara-cara memasang lantai vinyl di rumah Anda. Semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *