Faktor yang Menentukan Harga Karpet

Karpet merupakan jenis penghias lantai yang sangat cocok, terutama di ruangan yang terang. Harga karpet yang variatif juga menjadi salah satu alasan kenapa penggemar karpet tidak sedikit. Variasi harga karpet yang tersedia di pasaran ditentukan oleh berbagai hal. Untuk itu, Anda perlu memahami faktor-faktor apa saja yang menentukan harga karpet di pasaran.

Karpet Tile Ianinterior.co.id
Karpet Tile Ianinterior.co.id
  1. Jenis

Salah satu faktor yang menentukan adalah jenisnya. Jenis karpet permadani memiliki harga yang beragam. Penentuan harganya pun tidak berdasarkan ukuran dan bahan semata. Permadani bisa memiliki harga yang amat tinggi, dilihat dari keunikan motif dan pembuatannya. Permadani memang jenis karpet yang bisa dikatakan mewah untuk jenis tertentu. Tidak sedikit pula orang yang membeli permadani hanya untuk koleksi atau untuk pamer kemewahan.

 

  1. Durasi pembuatan

Alasan lain permadani bisa mahal karena beberapa jenis permadani dibuat oleh pengrajin yang waktu pengerjaannya bisa lama. Berbeda dengan jenis tile misalnya, yang umumnya dibuat di pabrik. Karpet gulung secara umum memiliki harga yang relatif murah jika dihitung per meter. Namun, karpet ini tentu harus dibeli dalam ukuran yang luas agar bisa menutupi seluruh ruangan.

 

  1. Bahan

Selain dari jenis karpet, harga juga bisa ditentukan dari bahan. Bahan yang umum dipakai untuk dijadikan karpet adalah nilon, polipropilena, wol, wol campuran, poliester, dan akrilik. Wol adalah bahan yang memiliki harga mahal. Karpet berahan wol memang identik dengan kemewahan. Selain mewah, karpet wol juga merupakan yang paling nyaman. Di bawah wol, nilon adalah bahan yang memiliki keunggulan dalam hal kualitas, namun sekaligus mempunyai harga yang berbanding lurus. Nilon unggul pada faktor keawetan dan ketahanannya terhadap air.

 

  1. Ukuran

Cara lain yang menentukan harga karpet adalah dari ukurannya. Walau memang kadang ukuran tidak selamanya menjadi patokan. Permadani misalnya, permadani berukuran lebih kecil tidak berarti mempunyai harga yang lebih murah. Untuk karpet jenis ini, kualitas lain memang perlu diperhatikan. Untuk karpet gulung, ukuran merupakan faktor penting. Jika Anda membeli karpet gulung dalam ukuran kecil, maka jatuhnya bisa jadi lebih mahal.

Dalam membeli karpet, terutama karpet gulung, satuan pakai yang umumnya dikenal adalah per meter lari. Maksudnya adalah, harga karpet hanya ditentukan berdasarkan ukuran panjangnya saja. Jadi, jika Anda bertanya ke penjual karpet, mereka biasanya menghitung harga karpet dari panjang karpetnya. Lebar karpet tidak dihitung, karena umumnya karpet punya lebar yang sembarang. Maka, ukur terlebih dulu luas ruangan Anda dan kira-kira berapa panjang karpet yang akan terpakai, sebelum Anda membeli.

 

  1. Ketebalan

Faktor lain yang menentukan harga adalah dari ketebalannya. Ketebalan karpet bervariasi dari 0,5 cm sampai 1,5 cm. Semakin tebal, tentunya semakin mahal. Hal ini karena karpet yang tebal tentu menggunakan bahan yang semakin banyak. Untuk faktor ini, tentukan terlebih dulu kebutuhan Anda. Apakah Anda memerlukan karpet yang tebal untuk ruangan yang akan dipasangi karpet. Karpet yang tebal cocok untuk ruangan yang mempunyai suhu dingin.

 

Harga karpet memang ditentukan oleh sejumlah faktor. Berbagai aspek yang sudah dijelaskan di atas perlu Anda perhatikan dengan baik. Tapi ingat, harga karpet yang murah terkadang mempunyai kualitas yang tidak sesuai keinginan. Lihat lagi alasan Anda untuk membeli karpet. Membeli karpet yang tidak sesuai dengan kebutuhan, hasilnya akan mengecewakan. Selamat berburu karpet!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *