Inilah Cara Memasang Gorden Jendela Rumah

Pemasangan Gorden Ianinterior.co.id
Pemasangan Gorden Ianinterior.co.id

Memiliki rumah yang bagus dan cantik tentu merupakan impian setiap orang. Oleh karenanya, kita selalu berusaha melakukan beragam modifikasi agar hunian yang kita tinggali tidak hanya nyaman, tapi juga sedap dipandang. Tak hanya dari sisi luar (eksterior), saat mempercantik rumah, kita juga perlu memerhatikan sisi dalamnya (interior). Termasuk dalam hal ini adalah pemakaian kain gorden yang melengkapi jendela dan pintu.

Nah, jika Anda berniat menggunakan gorden baru pada jendela rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang gorden, mulai dari pengukuran sampai pemasangan gorden itu sendiri. Lalu, bagaimana cara memasang gorden jendela yang benar? Berikut kami sajikan panduannya untuk Anda.

  1. Ukur dengan Benar

Langkah awal sebelum memutuskan untuk memasang kain gorden (bahkan sebelum Anda membelinya) adalah melakukan pengukuran jendela terlebih dulu. Sesuaikan panjang dan lebar jendela dengan lebar kain gorden yang akan dipasang. Dengan melakukan pengukuran terlebih dahulu, Anda akan menghemat waktu karena tidak perlu bolak-balik menukar gorden yang salah ukuran.

  1. Tentukan Jenis Penyangga yang akan Dipakai

Setelah melakukan pengukuran, langkah berikutnya adalah menentukan jenis penyangga gorden yang akan dipakai. Tak bisa asal suka, penyangga gorden sebaiknya disesuaikan dengan desain dan kondisi rumah kita. Untuk hal ini, di internet ada cukup banyak rujukan mengenai tipe, model, serta jenis-jenis gorden (berikut penyangganya) yang sesuai untuk diaplikasikan di rumah Anda.

  1. Pilihlah Kain Gorden yang Panjang

Saat membeli kain gorden, alangkah baiknya jika kita melebihkan panjang kain dari ukuran jendela rumah yang sebenarnya. Kain gorden yang terlalu pendek justru akan membuat tampilan jendela menjadi sedikit aneh. Jika memungkinkan, gunakanlah gorden panjang yang menyentuh lantai, namun tetap ingat ya, jangan berlebihan menjuntai ke lantai karena akan membuat gorden cepat kotor.

  1. Lubangi Dinding untuk Memasang Penyangga

Selanjutnya adalah melubangi dinding untuk memasang penyangga gorden. Untuk melubanginya, Anda bisa menggunakan bor listrik. Hindari cara-cara konvensional seperti menggunakan palu, karena selain hasilnya tidak rapi, menggunakan palu biasanya akan merusak dinding rumah Anda. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah membuat lubang sekecil mungkin, sehingga penyangga gorden terpasang dengan kencang dan tidak mudah lepas.

  1. Pasang Gorden dengan Posisi Tinggi

Setelah yakin penyangga gorden terpasang dengan kencang, maka yang terakhir adalah memasang kain gorden itu sendiri. Nah, dalam memasang kain gorden pada jendela rumah, ada satu hal yang perlu diperhatikan, yakni posisi kain gorden.

Sebaiknya, pasanglah gorden dengan posisi yang agak tinggi, karena hal tersebut akan membuat kesan rumah menjadi luas. Terlebih jika ukuran rumah Anda cukup sempit. Memasang gorden dengan jarak yang cukup tinggi dipercaya akan sedikit memanipulasi pandangan.

  1. Sudah Rapikah Kain Gorden Anda?

Sebelum akhirnya benar-benar memasang kain gorden ke penyangganya, cek kembali apakah gorden Anda sudah rapi. Maksudnya, apakah kainnya terlihat kusut, kotor, atau mungkin ada yang koyak. Jika kotor, lebih baik cuci terlebih dahulu agar kembali bersih. Untuk menghilangkan kesan kusut pada gorden, Anda bisa menyetrikanya.

Satu hal yang perlu Anda ingat, tidak semua kain boleh disetrika, terutama kain yang dipakai untuk gorden yang biasanya memerlukan perawatan khusus. Sebaiknya, tanyakan kepada penjual tentang perawatan yang bisa dilakukan saat membeli kain gorden.

Nah, itu dia cara memasang gorden jendela rumah yang tepat. Bagaimana? Punya rumah cantik dan elegan itu mudah, kan? Selamat mencoba, ya!

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *