Jenis dan Ukuran Karpet

 

 

Karpet adalah salah satu pilihan pelapis lantai yang cukup digemari. Selain bisa digunakan dengan mudah, penggunaan karpet juga bisa mempercantik ruangan. Dengan karpet, orang bisa merasa lebih nyaman karena tidak akan kedinginan ketika kaki dipijakkan ke ubin. Sayangnya, karpet juga memiliki beberapa kelemahan, seperti mudah mengikat debu dan bakteri. Maka dari itu, karpet perlu dibersihkan dengan rutin untuk mencegah penyakit menyebar.

 

Pada dasarnya, karpet bisa dibagi menjadi tiga macam, yaitu permadani, karpet tile, dan karpet gulungan. Dari ketiga macam tersebut, tentunya ada banyak tipe dan variasinya. Namun, dengan mengenal ketiga karakterisasi karpet tersebut, kita bisa tahu, kira-kira seperti apa gambaran karpet di pasaran. Berikut adalah penjelasan lebih jauh mengenai ketiga jenis karpet itu:

 

  1. Permadani
    hasil pemasangan karpet permadani shaggy rugs ianinterior.co.id

    hasil pemasangan karpet permadani shaggy rugs ianinterior.co.id

    Karpet jenis permadani merupakan salah satu yang digemari sekaligus bisa memiliki harga yang amat tinggi. Permadani memiliki jenis yang minimalis, karena karpet jenis permadani umumnya hanya punya satu ukuran. Penyuka permadani biasanya tidak perlu mencari karpet jenis permadani yang ukurannya harus pas dengan ruangan. Permadani tersebut cukup menutupi sebagian dari lantai, dengan begitu pun karpet jenis ini sudah bisa mempercantik ruangan. Karpet permadani juga tidak perlu dipasang setiap hari dan setiap saat. Bisa saja dibentangkan hanya ketika ada acara khusus. 

    Banyak sekali motif permadani yang dipasarkan. Ada yang memakai motif Afrika, Timur Tengah, kulit binatang, Turki, dan berbagai macam lainnya. Ketebalan karpet ini biasanya adalah 5mm. Dengan banyaknya motif permadani, karpet ini juga cocok bagi yang ingin berganti-ganti penampilan ruangan sesuai selera. Umumnya permadani memiliki ukuran 200 x 390 cm. Namun, tentu terdapat banyak ukuran lain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

  2. Karpet tile
    Model tile ini memiliki karakter seperti ubin. Tidak seperti permadani yang memiliki satu ukuran lebar, karpet tile mempunyai jenis yang terpisah-pisah layaknya ubin. Untuk menutupi ruangan, butuh beberapa set karpet tile agar bisa pas. Maka dari itu, Anda perlu penghitungan yang saksama dalam memasang karpet Karpet model ini memiliki beberapa keuntungan. Dengan potongan yang seperti ubin, karpet tile bisa dipasang tidak hanya satu warna. Pemilik ruangan bisa memvariasikan warna tile sesuka hati. 

    Karpet yang memiliki potongan seperti ubin ini juga memiliki berbagai ukuran. Anda juga tidak perlu memasang hanya satu jenis saja. Bagi penggemar desain yang asimetris, karpet jenis ini menarik untuk digunakan karena bisa bereksperimen dengan kemungkinan yang tidak terbatas. Untuk ukuran yang umum, karpet tile mempunyai ukuran 50 X 50 cm, 40 X 40 cm, dan 92 X 92 cm. Karpet model ini juga kuat untuk mencengkram lantai, karena umumnya memiliki lapisan karet yang seperti ban di baliknya.

  3. Karpet gulung

    karpet roll ianinterior.co.id

    karpet roll ianinterior.co.id

    Karpet gulung sangat cocok digunakan di ruangan yang ukurannya luas. Biasanya memang karpet ini dipakai di gedung pertemuan, perkantoran, gudang, atau rumah yang besar. Karena biasanya dipasang secara permanen, karpet gulung memiliki kualitas yang tinggi dan tahan lama. Karpet gulung dijual per meter. Usahakan Anda melihat terlebih dulu bahan karpetnya sebelum menentukan untuk membeli. Kadang pemasangan karpet gulung juga memerlukan tenaga profesional agar karpet terpasang rapi.