Lantai Motif Kayu Parket, Laminate dan Vinyl, Alami dan Buatan

Lantai Motif Kayu Parket, Laminate dan Vinyl, Alami dan Buatan

Penggunaan material kayu pada bahan bangunan kini semakin marak. Lantai motif kayu membuat suasana bangunan lebih hangat karena nuansanya yang alami. Di Indonesia, jika cuaca dingin lantai kayu akan memberikan kehangatan. Sementara saat cuaca panas, lantai kayu bisa menyerap panas. Jika anda memiliki rumah yang bernuansa etnik, lantai kayu adalah pilihan. Selain bisa diaplikasikan di indoor, lantai kayu juga terlihat cantik di outdoor. Misalnya pada foyer, taman, beranda bahkan lantai kolam renang.

 Perbedaan Parket, Laminate dan VinylAplikasi lantai kayu di outdoor

 Parket, laminate dan Vinyl adalah jenis pelapis lantai motif kayu yang sering digunakan. Yuk, kita mengenal ketiga material ini lebih lanjut!

MATERIAL

Parket terdiri dari potongan-potongan kayu geometris yang disusun sedemikian rupa agar membentuk pola yang memiliki nilai dekoratif yang tinggi. Untuk bahan kayu yang berbentuk solid, jenis kayu yang digunakan biasanya adalah kayu jati, ulin, merbau atau oak, walnut, doussie, iroko, yang merupakan kayu impor.

Sementara itu sesuai dengan perkembangan teknologi dan kesadaran lingkungan, ada bahan kayu buatan yang dibuat mirip dengan aslinya, yaitu Laminate parket. Bahan ini terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan dengan mesin hot press hingga menjadi lembaran papan yang selanjutnya disebut HDF (High Density Fiber).

Sedangkan material dari vinyl adalah bahan sintesis, polyvinyl chloride (pvc). Bukan kayu alami. Vinyl tersedia dalam bentuk ubin (tile/ persegi) dan lembaran (linoleum). Praktisnya, vinyl adalah lantai motif kayu yang terbuat dari bahan plastik lentur.

CARA PEMASANGAN

Instalasi parket dilakukan dengan beberapa langkah, dan butuh kesabaran dan ketelitian. Jika kita memiliki banyak waktu kita bisa melakukannya sendiri, tapi jika kita belum cukup ahli, maka serahkan saja pada pegawai dari toko interior yang kita percaya. Dibandingkan dengan kayu solid, kayu laminate ini lebih cepat proses instalasinya karena menggunakan system sambungan seperti puzzle pada keempat sisinya dan tidak memerlukan lem dalam pemasangannya..

laminate flooring dan lantai vinyl Cara memasang parket

 Sedangkan untuk memasang vinyl, cukup merekatkan lem yang ada di bagian bawah vinyl ke lantai keramik kita. Jika kita sudah bosan dengan satu motif, kita bisa menggantinya dengan motif lain.

jual lantai vinyl dan laminateCara memasang vinyl

 BIAYA

Karena tidak menggunakan material aslinya, tentu saja harga laminate dan vinyl jauh lebih murah daripada parket. Sehingga laminate dan vinyl menjadi alternatif untuk mereka yang mengingkan rumah dengan nuansa alami tapi dengan budget terbatas.

PERAWATAN

Yang terpenting dari merawat lantai motif kayu parket dan vinyl adalah dengan membersihkannya secara rutin. Jika ada debu dan remah makanan segera disapu. Khusus untuk parket yang bermaterial kayu, tidak perlu dipel, karena akan membuat parket lembab dan kayu di dalamnya lapuk. Cukup gunakan sapu atau vacuum. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, kita bisa menggunakan air lemon atau white vinegar.

Untuk vinyl, jika benar-benar ada noda yang harus dilap, gunakan lap yang tidak terlalu basah, atau cukup gunakan sprayer yang diisi cairan pembersih, lalu dilap dengan lap kering.

Kini pilihan ada di tangan kita, pilihlah lantai motif kayu yang sesuai selera dan terutama budget yang disiapkan. Selamat memilih!

[fbshare url=”https://www.ianinterior.co.id/parket-laminate-dan-vinyl-alami-dan-buatan/” type=”button” width=”100″]

Oleh: Hani Taqiyya

http://properti.kompas.com/read/2013/11/12/1838304/Yuk.Mengenal.Vinyl.Lebih.Jauh.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *