Kelebihan Lantai Vinyl  

Vinyl Ianinterior.co.id
Vinyl Ianinterior.co.id

Pengaplikasian vinyl pada lantai memang masih belum populer, tetapi sebenarnya banyak kelebihan dari bahan ini. Vinyl merupakan pilihan oke yang relatif cocok untuk desain interor ruangan. Selain ubin keramik yang masih dipakai oleh mayoritas pemilik rumah, vinyl juga patut diperhatikan sebagai alternatif. Simak daftar di bawah ini untuk mengetahui kenapa vinyl cocok sebagai pilihan untuk lantai:

  1. Nyaman untuk beraktivitas sehari-hari
    Memijakkan kaki di lantai jenis ini akan terasa lebih nyaman. Keluarga Anda bisa melakukan aktivitas di lantai jenis ini, sebab karakter bahannya yang halus. Kenyamanan ini tentu tidak bisa Anda dapatkan dengan jenis lantai kayu atau ubin keramik misalnya.
  2. Variasi corak yang beragam
    Dikarenakan bahan vinyl yang artifisial, maka corak dari bahan ini bisa bermacam-macam. Bahan ini bisa berwarna polos atau meniru jenis lantai lain. Vinyl bisa memiliki corak yang sangat mirip dengan lantai kayu, bebatuan, atau bahkan marmer. Beragamnya pilihan desain vinyl akan memudahkan pemilik rumah untuk mencari corak mana yang cocok dengan seleranya.
  3. Higienis dan mudah dibersihkan
    Ketimbang karpet, vinyl memiliki sifat yang tidak mudah rusak jika terkena bahan cair. Jadi kalau anak Anda menumpahkan jus, maka membersihkannya pun tinggal dibasuh dengan kain. Bahan ini pun cocok untuk dipasang di dapur atau di kamar mandi. Lapisan pada vinyl juga padat, tidak memberikan ruang pada bakteri untuk mengendap dan hidup di sana. Anak pun bebas bermain di atas lantai tanpa takut dijangkiti bakteri.
  4. Bisa dipasang sendiri tanpa bantuan profesional
    Pemasangan vinyl relatif mudah ketimbang jenis lantai lain. Memang Anda butuh mempelajari beberapa hal, namun jika sudah mendapatkan informasi yang jelas, maka memasang vinyl akan menyenangkan. Dengan memasang vinyl sendiri, biaya pemasangan bisa dipangkas. Pastikan untuk memahami tata caranya sebelum memasangnya.
  5. Tahan dalam jangka waktu yang lama
    Jika dipasang dengan benar, lantai vinyl bisa awet bertahun-tahun dan dengan perawatan yang minim. Vinyl juga tahan untuk diinjak berkali-kali. Bahan vinyl yang tidak mudah lembap juga membuat lantai jenis ini tidak mudah berjamur. Walau begitu, pastikan ruangan yang dipasangi vinyl tidak memiliki benda berat. Beban berat, seperti brankas atau lemari es, akan membuat vinyl lama-kelamaan jebol.
  6. Lebih kedap suara
    Lantai vinyl juga memiliki kelebihan dalam meredam suara. Bandingkan dengan lantai kayu yang kadang mengeluarkan suara gemeretak. Lantai vinyl punya kapasitas lebih dari itu. Dengan bahan yang lembut, vinyl tidak banyak mengeluarkan suara ketika dipijak. Ketika benda keras jatuh pun, vinyl mampu menyerap suara yang diakibatkannya. Lantai vinyl juga bisa memberikan ketenangan tersendiri bagi rumah.
  7. Ekonomis
    Secara keseluruhan, vinyl memiliki harga yang lebih terjangkau. Bahkan pemilik rumah bisa memiliki lantai yang terlihat elegan tanpa harus merogoh kantong lebih dalam. Itu karena vinyl memberikan banyak pilihan, termasuk corak yang mewah. Memasang vinyl sendiri jelas bisa membuat pengeluaran Anda menjadi lebih ekonomis lagi. . Belum lagi keawetan vinyl yang memberikan keuntungan lain.
  8. Lantai Hangat
    Lantai terasa menjadi hangat saat di pijak dengan telapak kaki kita. Lantai vinyl sangat sesuai di gunakan di daerah yang ber suhu dingin.

Dengan berbagai keunggulan vinyl, maka memasang lantai jenis ini merupakan satu hal yang patut dipertimbangkan. Lantai sebuah rumah tidak melulu harus keramik, atau harus membentangkan karpet untuk menambah keindahannya. Jika memang Anda memiliki rumah yang luas dan sangat mementingkan faktor estetik, vinyl amat direkomendasikan. Dengan vinyl, pengeluaran untuk lantai bisa ditekan dan waktu pemasangannya pun akan lebih singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *