Mengapa Menggunakan Vitrage dan Apakah Fungsinya?

Seperti kita ketahui, banyak fungsi dari penggunaan tirai, bisa sebagai filter cahaya, sebagai pelindung, sebagai partisi, hingga sebagai elemen estetika. Nah, bila salah satu tujuan kita menghias jendela dengan tirai adalah untuk mempercantik jendela, jenis tirai ini akan sangat memengaruhi konsep desain interior sebuah ruangan.

 

Tidak ada aturan khusus untuk pemilihan jenis bahan tirai ini, hanya saja ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Dari jenis bahan gordennya, tirai terbagi menjadi gorden (curtain) dan vitrase (vitrage). Gorden cenderung menggunakan bahan yang tebal dan rapat sehingga lebih berat, seperti beledu, batik, belacu, sutra. Sedangkan vitrase, atau sering disebut dengan tirai tipis, menggunakan bahan yang lebih ringan dan tipis, seperti nilon dan renda.

Vitrase ianinterior.co.id
Vitrase ianinterior.co.id

Fungsi Vitrase

 

  • Secara spesifik, vitrase dengan bahan semi transparan berfungsi agar ruangan tidak terlalu silau jika gorden dibuka, namun tetap dapat memasukkan sinar matahari. Vitrage ini sering dipadukan dengan gorden sebagai pelapis tirai di belakangnya.
  • Dengan vitrase, Anda bisa melihat pemandangan ke luar jendela tanpa harus membuka tirai. Selain itu, vitrase membantu menahan akses pandangan orang dari luar untuk dapat melihat ke dalam. Sedangkan pemilik rumah masih bisa melihat ke luar rumah dengan leluasa. Oleh karenanya, dengan vitrase ini, privacy pemilik rumah lebih terjaga.
  • Vitrage berfungsi juga untuk menunjang kecantikan ruangan dan membuat gorden terlihat lebih elegan dengan bentuknya yang unik.
  • Vitrage memberikan solusi seberapa kuat pilihan tampilan gaya yang akan ditonjolkan dalam ruangan serta mengatur jumlah cahaya atau privasi yang Anda inginkan.

 

Selanjutnya terkait dengan fungsi dari vitrase ini, kita akan membahas lebih jauh tentang jenis, bahan, bentuk, desain, dan warna vitrase, agar Anda tidak salah dalam proses memilih dan menggunakan vitrase sesuai dengan fungsinya.

 

Jenis dan Bahan Vitrase

 

Ada dua jenis vitrage, yaitu vitrase polos dan bermotif. Vitrase polos, sesuai bila dipadukan dengan berbagai corak dan motif gorden. Sebaliknya vitrase bercorak, bisa terlihat manis bila dipakai tanpa gorden, ataupun dipadukan dengan gorden polos.

 

Untuk bahan, terdapat pilihan bahan vitrase, seperti sutra kain parasut, vitrase kain sutera lembut, serta sutera kasar bertekstur meliputi kain kasa, kain tenun, katun tipis, kain putih tipis serta sutera imitasi. Variasi bahan lain, antara lain vitrase renda (lace), muslin atau organdi, nilon, poliester nilon, serta kain sintetis kombinasi. Saat ini juga ada vitrase yang terbuat dari bahan serat yang banyak diminati karena tampilannya yang lebih simpel dan natural.

 

Bentuk, Desain, dan Warna Vitrase

 

Menentukan bentuk, desain, serta warna vitrase sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, karena akan memengaruhi harmoni serta kesesuaian dengan lingkungan sekitar. Hal ini mengingat vitrase berfungsi juga untuk menunjang kecantikan ruangan dan membuat gorden lebih elegan dengan bentuknya yang unik. Oleh karenanya, pemilihan warna, bentuk, dan desain vitrase pun menjadi sangat penting.

 

Bagi mereka yang ingin tampil beda, tidak seperti rumah-rumah lainnya, terdapat pilihan vitrase khusus yang dapat digunakan untuk berbagai model. Bisa digunakan sebagai penyekat pintu dan ruangan yang tidak terlalu privasi dan bersifat minimalis. Untuk penggunaan seperti ini terdapat pilihan vitrage impor. Vitrase impor bisa memiliki bentuk yang bervariasi, seperti model pita, bordir bunga, sulur, model seperti jam pasir, ataupun yang transparan dengan berbagai warna.

 

Nah, kira-kira Anda pilih paduan vitrage yang bagaimana? Vitrase tipis polos dengan warna-warni menyolok, atau vitrase model jam pasir berkupu yang elegan? Apapun pilihan Anda, jangan lupa, sesuaikan dengan kebutuhan ukuran dan desain jendela rumah Anda, yang menjadi elemen penting bagi pemilihan vitrase ini!

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *