Mengenal Bagian-Bagian dari Gorden di Rumah Anda

Gorden adalah bagian dari interior yang tak bisa dipisahkan dari setiap rumah. Itulah mengapa pemilihan gorden selalu disesuaikan dengan warna tembok, bahkan warna dari kursi atau benda-benda yang ada di dalam ruangan.

Untuk memilih gorden yang bagus, dalam arti secara fungsi dan juga estetika, ada baiknya jika Anda juga mengenal apa saja yang menjadi bagian-bagian dari gorden. Dengan begitu, Anda akan mudah memilih gorden yang sesuai dengan harapan Anda. Berikut beberapa bagian dari gorden yang wajib Anda kenali:

  1. Rollet atau Batang Gorden

    Batang rollet gorden Ianinterior.co.id

    Batang rollet gorden Ianinterior.co.id

Rollet adalah bagian terpenting dari gorden yang jika tak ada, maka gorden tidak bisa dipakai. Rollet biasanya berupa plat panjang berisi yang kadang didesain dengan unik. Fungsi dari rollet ini adalah untuk mengaitkan kain gorden yang nantinya akan menggantung di jendela Anda. Rollet biasanya terbuat dari bahan yang sangat kuat, hingga tidak akan mudah patah akibat massa kain yang kadang sangat berat.

Jika Anda ingin membeli gorden. Usahakan rollet diukur sesuai dengan panjang jendela. Jangan sampai kependekan atau kepanjangan, karena akan menghilangkan nilai keindahan pada gorden yang dipasang.

  1. Badan Gorden

    Badan Gorden Ianinterior.co.idEN IANINTERIOR.CO.ID

    Badan Gorden Ianinterior.co.id

Bagian inilah yang sering kita sebut dengan gorden. Biasanya terbuat dari kain panjang dengan warna yang disesuaikan. Bagian ini akan menghalangi cahaya masuk dari luar. Bagian gorden ini biasanya terbelah menjadi dua. Satu belahan bisa ditarik ke kiri dan belahan lain ditarik ke kanan. Ada juga tipe gorden yang tak terbelah namun bisa ditarik ke kiri dan ke kanan karena pada rolletnya terpasang plat geser.

  1. Poni Gorden

    hasil pe gorden poni ianinterior.co.id

    gorden poni ianinterior.co.id

Gorden juga memiliki poni yang terletak di bagian atas. Biasanya digunakan sebagai tempat kaitan badan gorden ke rollet. Bagian poni ini biasanya berupa rumbai-rumbai. Kadang dibuat lebih unik untuk menambah daya tarik orang yang melihatnya. Bagian poni ini bisa dihilangkan jika Anda tidak suka. Karena secara fungsi, bagian ini juga bisa dikatakan sebagai aksesori gorden.

  1. Vitrase
Vitrase Ianinterior.co.id

Vitrase Ianinterior.co.id

Beberapa jenis gorden yang modern biasanya memiliki bagian vitrase pada bagian tengah. Vitrase umumnya terbuat dari kain yang lebih transparan, hingga memungkinkan cahaya masih bisa menembus ke dalam. Vitrase biasanya dipilih dengan warna yang lebih cerah, kebanyakan warna putih atau warna-warna muda dari gorden utama yang dipakai. Bagian vitrase sebenarnya opsional saja. Boleh dipasang, boleh juga tidak.

  1. Tassel
Tassel Gorden

Tassel Gorden

Tassel sebenarnya adalah pengikat gorden. Terbuat dari tali yang disesuaikan dengan desain gorden utama, tassel biasanya memiliki penampakan yang unik dan sering ada rumbai-rumbainya. Bagian ini kadang menjadi daya tarik dan menambah keindahan gorden yang dipasang. Ibarat rambut, maka tassel adalah aksesori yang akan membuat gorden Anda jadi lebih cantik saat dipandang.

  1. Hook
Hook Gorden

Hook Gorden

Bagian terpenting lain dari gorden adalah hook atau pengait. Hook biasanya berupa besi tempat tassel diikatkan. Sekilas, mungkin bagian hook terlihat sepele, namun tanpa bagian ini gorden tak akan bisa dikaitkan. Selain itu, pemasangan hook juga harus disesuaikan tinggi rendahnya. Jika terlalu tinggi, maka tassel akan terlihat aneh; dan jika terlalu rendah, tassel akan terlihat tidak rapi.

Itulah enam bagian dari gorden yang patut Anda kenali sebelum membeli dan memasangnya di rumah. Dari mengenali bagian-bagian di atas, diharapkan Anda bisa memilih gorden yang sesuai dengan desain interior rumah Anda.