Mengenal Berbagai Jenis Bahan Gorden

Pada dasarnya, semua kain bisa digunakan sebagai kain gorden, hanya saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu tidak tembus pandang, bisa menutup dengan baik, serta bagus jatuhnya. Hal ini disebabkan, selain untuk menutupi jendela atau pintu yang terlihat dari luar, kain gorden juga berfungsi untuk menciptakan nuansa artistik di sebuah ruangan.

 

Oleh karenanya, terdapat banyak sekali ragam dan motif gorden tersedia di pasaran. Berbagai macam jenis bahan gorden pun sangat bervariasi pilihannya. Nah, apa saja berbagai jenis bahan gorden tersebut? Jangan bingung untuk menentukan bahan gorden yang akan Anda pilih, sesuaikan dengan tema yang akan diangkat. Misalnya klasik, tradisional, minimalis, modern, ataukah gaya elektik bahkan futuristik?

bahan gorden ianinterior

Agar Anda tidak salah pilih saat mendekorasi rumah, berikut penjelasannya:

Jenis Kain Bahan Gorden Rumah

 

  1. Kain Satin Halus

Bahan kain ini bersifat mengilat dan bagus jatuhnya, sehingga cocok bila dijadikan bahan gorden. Bila Anda menginginkan tema klasik, pilihan kain jenis ini sangat cocok. Ruangan klasik akan lebih terkesan elegan, mewah serta terlihat formal, disebabkan jalinan benangnya yang rapat. Sedangkan warna dan motif tinggal menyesuaikan dengan desain interior serta tema yang Anda usung.

 

  1. Bahan Beledu Chenille

Bahan beledu yang berat ini jaringannya cenderung rapat sehingga bagus jatuhnya dan tidak tembus pandang. Bila Anda memilih tema klasik, sebaiknya Anda menghindari jenis kain ini, karena sama sekali tidak cocok. Sebaliknya, Anda harus memilih bahan kain yang ringan dan lembut.

 

  1. Kain Katun Sutra

            Jenis kain ini lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis kain beledu yang berat, dan sesuai untuk desain yang lembut dan anggun.

 

  1. Bahan Lace Renda

Jenis kain ini tipis, jadi biasanya digunakan sebagai vitrase, atau bagian dalam dari gorden utama. Sering juga digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik bagian tepi gorden utama. Pilihan jenis kain ini sangat cocok untuk tema klasik, karena akan memberikan nuansa ruangan yang nyaman dan teduh.

 

Setelah mengenal beberapa jenis bahan gorden, berikut beberapa tips atau cara memilih jenis dan bahan gorden:

 

  1. Bahan Gorden Kain Tipis atau Tebal

 

Gorden berbahan kain sangat sensitif dengan jenis dan ketebalan bahan kain. Hal ini disebabkan, bentuk kain akan dipengaruhi oleh jenis bahannya. Misal linen, katun, ataupun sutra. Bentuk kain ini terkait dengan “apakah kain gorden harus dibiarkan lurus tergerai, ataukah dilipat dan dikerut.”

 

Sementara pemilihan tebal tipis kain disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Bahan kain yang tebal dapat digunakan untuk ruangan yang sinar mataharinya banyak masuk serta memerlukan privasi lebih bila dibandingkan bahan kain yang tipis.

 

  1. Warna Gorden

 

Warna gorden menentukan keselarasan warna ruangan yang perlu diperhatikan secara keseluruhan, sehingga membuat gorden berfungsi sebagai aksesori interior. Warna gorden ini sebaiknya serasi dan selaras dengan warna dinding serta furnitur. Sebaliknya bila Anda ingin memberikan nuansa yang berbeda dan kesan meriah, Anda bisa memilih warna-warna yang kontras.

 

  1. Gorden Blind

 

Gorden berbahan blind memberikan penyesuaian yang dinamis bagi penyaringan cahaya dengan sistem yang fleksibel. Cara kerja mekaniknya memudahkan penggunaannya, termasuk cara pengaturannya. Sedangkan untuk warna, gorden blind juga memiliki pilihan warna yang beragam dan tambahan pilihan sistem rantai atau sistem pengaturan.

 

Gorden blind mampu memberikan aksen tersendiri bagi kesan baru dekorasi sebuah ruangan. Gorden blind misalnya bisa mengubah suasana sebuah ruangan, seperti ruangan sempit bisa terasa lebih lebar, atau lebih tinggi dengan penggunaan horizontal atau vertical blind. Variasi lain dari jenis gorden blind yaitu roman blind serta roller blind.

 

            Bagaimana, setelah Anda mengetahui jenis bahan gorden ini, jadi lebih mudah bukan, untuk mengaplikasikan ide kreatif Anda dalam mengombinasikan jenis dan bahan gorden sesuai tema ruangan yang Anda angkat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *