Mengenal Berbagai Jenis dan Karakteristik Rel Gorden

Rel gorden adalah bagian terpenting dari sebuah tirai. Tanpa rel gorden, tidak mungkin tirai bisa terpasang dengan rapi. Rel gorden jugalah yang membuat tirai tersebut bisa ditarik untuk dibuka dan ditutup. Secara umum, sebenarnya ada dua jenis penggantung gorden, yaitu model batang dan model rel. Tapi jenis yang paling umum adalah model rel.

Perbedaan mendasar dari model batang dan model rel adalah model rel menggunakan besi atau alumunium yang memiliki jalur. Jalur ini berguna sebagai pengait gorden agar bisa ditarik atau digeser. Dengan rel, gorden akan terlihat lebih rapi karena dari jauh pengait-pengait yang umumnya terbuat dari plastik ini tidak kelihatan. Umumnya, tirai di rumah menggunakan penggantung gorden model ini.

Untuk mengenali lebih jauh apa itu rel gorden, perlu juga diketahui beberapa jenis rel yang ada di pasaran. Berikut adalah beberapa tipe rel gorden yang umum dijual:

  1. Rel gorden logam atau plastik
    Rell Gorden Logam

    Rell Gorden Logam

    Rel gorden jenis ini termasuk yang paling dikenal. Bahan alumunium adalah yang paling umum digunakan. Biasanya rel model ini juga dilapisi dengan teflon agar saat pengaitnya ditarik, bunyinya halus, Rel model ini juga mudah untuk disesuaikan dengan lebar ruangan, karena bisa dipotong dengan gergaji. Bahan plastik memiliki karakter sejenis, namun penampilannya yang kadang lebih lembut membuat rel model ini cocok untuk ruangan yang lebih feminin.

  2. Rel gorden berkabel
    Jenis ini sangat menarik untuk penggunaan gorden yang bisa ditarik tanpa harus menarik gordennya. Cukup dengan menarik tali atau kabelnya, maka gorden bisa dibuka dan ditutup dengan mudah. Rel gorden berkabel ini juga cocok untuk menghindari gorden dibuka atau ditutup dengan menarik gorden. Dengan begini, kita bisa menghindari kontak tangan dengan gorden yang akan membuat gorden jadi lebih cepat kotor.
  3. Rel gorden model bay window
    Rel gorden model bay window adalah model yang bisa dibentuk sesuai dengan ruangan. Model ini cukup fleksibel karena bisa dibengkokkan. Dengan begitu, rel gorden model bay window cocok untuk penyuka desain interior yang tidak mau rel gordennya terpisah-pisah. Rel gorden ini mendukung estetika ruangan yang lebih baik. Memakai rel gorden model bay window akan membuat ruangan terlihat cantik, karena cukup satu jalur gorden untuk menutupi ruangan berjendela dengan bentuk apapun. Model bay window memang menjadi salah satu yang paling menarik karena kelebihannya yang bisa dibengkokkan. Tetapi, model ini tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan model-model lainnya

Rel gorden memang memiliki berbagai ragam. Dengan banyaknya jenis rel gorden, Anda jadi memiliki lebih banyak pilihan untuk disesuaikan dengan kebutuhan maupun selera Anda. Karena tentu saja, tidak semua jenis rel gorden cocok dengan kondisi ruangan di rumah Anda. Jangan lupa untuk memakai tenaga profesional ketika memasang rel gorden, supaya pemasangan gordennya lebih sempurna. Selamat menghiasi rumah Anda dengan rel gorden baru.