Mengenal Tipe Konstruksi Karpet

Jika ditelusuri lebih dalam, karpet itu ternyata punya banyak sekali jenis. Dari jenis-jenis tersebut, karpet masih dibagi lagi dalam beberapa tipe. Contohnya, jenis karpet berdasarkan bentuk dan ukurannya.

Pilihannya ada karpet permadani, karpet meteran, dan karpet tile. Pilihan tersebut masih terbagi lagi dalam beberapa merek. Perbedaan merek umumnya dilihat dari bahan material dalam spesifikasi masing-masing produk.

Salah satunya ialah jenis berdasarkan tipe konstruksi karpet. Saat membaca spesifikasi karpet, Anda pasti akan menemukan istilah loop pile, frieze dan lain-lain, dalam tipe konstruksi. Tapi tahukah Anda apa maksudnya itu? Jika tidak, coba simak info berikut agar lebih mengenal jenis-jenis karpet.

Tipe Saxony

Karpet Saxony
Karpet Saxony

Ini adalah jenis karpet yang banyak dipilih dan termasuk dalam golongan karpet mewah. Tekstur permukaan karpet Saxony terasa halus dan lembut. Ketebalannya juga memberikan rasa nyaman, ketika diinjak.

Cocok diletakkan di ruangan pribadi atau yang memiliki mobilitas rendah. Contohnya, kamar tidur, ruang kerja, dan lain-lain. Penggunaan karpet ini akan maksimal bila dipadukan dengan tema ruangan klasik atau berkesan tradisional.

Tipe Textured Plush

Textured Plush Carpet
Textured Plush Carpet

Karpet bertekstur umumnya memiliki serat yang dibuat sedikit menonjol dari permukaan. Ini membuat kita merasa kesat ketika menyentuhnya. Karpet juga tak mudah menampakkan jejak kaki atau tanda dari vacuum cleaner.

Untuk itu, sangat pas bila karpet diletakkan di ruangan dengan mobilitas tinggi. Karpet juga bisa jadi pilihan tepat, untuk Anda yang memiliki segudang aktivitas. Variasi pilihan dan motifnya banyak. Namun, cenderung kurang mewah, jika dibandingkan tipe lainnya.

Tipe Cut-Pile Frieze

Cut-Pile Frieze
Cut-Pile Frieze

Tipe ini merupakan karpet yang memiliki serat dengan simpul sederhana. Dari tampilan tak semewah karpet Saxony, tapi cenderung lebih baik ketimbang karpet Textured atau Barber. Permukaannya lembut dan nyaman untuk berbaring.

Sifatnya juga mampu menyembunyikan jejak kaki dan vacuum cleaner. Karpet ini dikenal fleksibel, dekoratif, dan banyak variasi pilihan di pasaran. Salah satu jenis karpet yang ideal, untuk menciptakan suasana santai pada ruangan.

Tipe Berber Loop-Pile

Berber Loop-Pile
Berber Loop-Pile

Tipe konstruksi karpet ini kuat, tebal, dan memiliki serat stabil (tak mudah mengerut). Permukaannya cukup kasar, namun paling tahan lama. Serat-serat di karpet Barber disusun dari simpul yang rumit, tapi tetap fleksibel terhadap pergerakan.

Karpet juga tak menampakkan jejak kaki, noda, maupun tanda vacuum cleaner. Untuk peletakannya sangat cocok di area dengan mobilitas tinggi. Contohnya, ruang keluarga atau ruang bermain anak-anak.

Tipe Cut/Loop

Cut/Loop Carpet
Cut/Loop Carpet

Konstruksi karpet ini merupakan perpaduan antara cut (jalinan benang dipotong) dan loop (jalinan benang melinggkar) pile. Teksturnya sangat nyaman dan tampak seperti berbulu tebal.

Model atau desain biasanya menggunakan benang warna-warni dan tampak menarik. Penggunaannya juga memiliki kesan mewah, mampu menyembunyikan jejak kaki, atau vacuum cleaner. Kelemahannya, karpet ini cenderung menyembunyikan debu dan noda.

Tipe Commercial Loop

Commercial Loop Carpet
Commercial Loop Carpet

Ini adalah karpet yang cocok diletakkan pada semua jenis tema dan fungsi ruangan. Teksturnya lembut dan memiliki aneka ragam motif, serta desain pilihan. Desain dan motifnya mudah berbaur dengan dekorasi apa pun.

Karpet juga tahan lama dan bisa digunakan untuk ruangan dengan mobilitas tinggi. Tipe satu ini umumnya diterapkan untuk ruangan profesional, seperti kantor, hotel, dan sebagainya.

Aneka jenis karpet di atas bisa Anda dapatkan di www.ianinterior.co.id. Salah satu toko online tepercaya yang menawarkan kualitas, pelayanan prima, dan harga bersaing. Cek galeri dan pilih tipe konstruksi karpet terbaik Anda. Lalu hubungi nomor yang tertera di web untuk pertanyaan dan bantuan pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *